Selasa, 03 Oktober 2017

Framework Hybrid App

1. PhoneGap

Tentang PhoneGap 



PhoneGap adalah sebuah framework open source yang dipakai untuk membangun cross-platform aplikasi mobile menggunakan HTML5, Javascript dan CSS.

PhoneGap merupakan solusi ideal bagi seorang web developer yang tertarik untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat berjalan pada beberapa perangkat smartphone dengan basis kode yang sama. Artinya, cukup hanya dengan 1 kali koding saja, bisa membuat aplikasi untuk smartphone iPhone, Android, Blackberry, Symbian dan Palm.

Aplikasi yang dibuat menggunakan PhoneGap disebut Aplikasi Hybrid karena ia bukanlah halaman Web biasa, PhoneGap berkomunikasi dengan API sebuah platform, seperti Kamera, Audio, Sensor, dan lainnya.

Ada 2 komponen penting dari Aplikasi PhoneGap Android, yaitu Cordova.js dan Cordova.jar, keduanya lah yang menjembatani antara User Interface dan sistem native.

PhoneGap pertama kali dikembangkan di sebuah acara iPhoneDevCamp di San Francisco. PhoneGap kemudian memenangkan People’s Choice Award pada tahun 2009 di Konferensi Web O’Reilly Media 2.0 dan framework-nya telah digunakan untuk mengembangkan banyak aplikasi.

PhoneGap lahir pada tahun 2008 dibuat oleh Nitobi software.
Framework dari PhoneGap digunakan oleh beberapa platform aplikasi mobile seperti ViziApps, Worklight, Convertigo dan appMobi sebagai tulang punggung mesin pengembangan mobile klien mereka. Adobe resmi mengumumkan akuisisi Nitobi software (pengembang asli PhoneGap) pada tanggal 4 Oktober 2011. Bersamaan dengan itu, kode PhoneGap disumbangkan untuk Apache Software Foundation untuk memulai sebuah proyek baru yang disebut Apache Cordova karena nama proyek aslinya yaitu Apache Callback, dipandang sebagai terlalu umum.
PhoneGap ini bersifat open source dan free.


Fitur-fitur PhoneGap

PhoneGap memiliki beberapa fitur yang mendukung aplikasi mereka, yakni Accelerometer, Camera, Compass, Contacts, File, Geolocation, Media, Network, Notification (Alert), Notification (Sound), Notification (Vibration), storage.

Accelerometer sendiri adalah fitur yang menangkat pergerakan divais dalam arah x,y, dan z. camera adalah fitur untuk mengakses kamera bawaan dari divais, compass adalah fitur untuk mendapatkan arah, contacs adalah fitur yang menyediakan akses ke database kontak pada divais, file adalah fitur API untuk membaca, menulis, dan menavigasi hierarki file system, geolocation adalah menyediakan akses ke data lokasi berdasarkan perangkat sensor GPS atau disimpulkan dari sinyal jaringan. Media adalah fitur yang menyediakan kemampuan untuk merekam dan memutar file audio pada divais. Network adalah fitur yang menyediakan akses paket data menggunakan koneksi dari operator, notification adalah fitur untuk menyediakan pemberitahuan bagi pengguna divais dengan audio, visual, dan perabaan atau getaran pada ponsel, dan storage adalah fitur yang menyediakan akses kepada media penyimpanan pada device.

PhoneGap telah mendukung sebagian besar Sistem Operasi mobile seperti iOS, Android, Blackberry 10, Windows Mobile, WebOS, dan Bada. Berikut tabel fitur-fitur yang di dukung PhoneGap :


Kelebihan dan Kekurangan PhoneGap

Kelebihan : 

  • Multi-platform : IoS, Blackberry, Android, WebOS, Symbian, Windows Phone, dan Samsung Bada 
  • Hanya menggunakan Html, javascript dan CSS è dalam artian kita tidak perlu mempelajari java(android), objective C(ios), c# untuk windows phone, dsb. 
  • Bersifat open source, shingga module yang ada akan terus dikembangkan oleh banyaknya developer.
 Kekurangan : 
  • Reverse-engineering : banyaknya aplikasi yang dapat digunakan untuk code javascript sehingga memungkinkan dilakukannya pengeditan terhadap code aslinya. 
  • Adanya beberapa fitur telepon yang tidak didukung oleh phonegap.   
  • Karena multiplatform, phonegap sering ketinggalan ketika ada fitur baru pada platform aslinya.   
  • Tampilan yang ada terlihat sama untuk semua platform, dan tampilan terkadang tidak terlihat seperti mobile app.   
  • Banyak kendala apabila disinkronisasikan dengan IOS platform.   
  • Walau menghasilkan aplikasi yang bersifat “build once, run everywhere” tetap saja aplikasi yang dibangun tidak seoptimal aplikasi buatan native SDK asli.   
  • Alasannya dikarenakan aplikasi phonegap perlu menginterpret kode javascript agar bisa diterima native SDK sehingga membutuhkan waktu lebih untuk menjalankannya.


Showcase (Aplikasi yang Dibuat Dengan PhoneGap)

Saat ini framework PhoneGap telah banyak digunakan oleh berbagai jenis aplikasi mobile. Aplikasi yang dibuat menggunakan PhoneGap berasal dari berbagai platform dan OS. 

Berikut beberapa aplikasi yang dibangun menggunakan PhoneGap, yaitu :



HealthTap - find doctors and free answers



Merupakan aplikasi kesehatan yang dapat mencari, menemukan, dan bertanya dengan dokter seputar kesehatan secara langsung. Aplikasi ini gratis dan tersedia untuk platform iOS dan Android.


NUS extra – Student Discount Companion App



NUS Exstra adalah sebuah aplikasi mobile yang membantu pengguna untuk menemukan tempat – tempat yang memiliki diskon harga dan lokasi paling dekat dengan pengguna. Pencariannya menggunakan peta, mencari secara kategori, share, dan aplikasi ini akan membantu menyimpan uang belanja. Aplikasi ini tersedia untuk platform Android dan Windows Phone.


TripCase



TripCase adalah aplikasi cerdas, memberikan petunjuk dan informasi tentang perjalanan yang pengguna lalui, mulai dari tempat – tempat, suhu dan cuaca, alat transportasi. Dengan aplikasi ini akan memudahkan perjalanan pengguna. Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android.


Untappd



Untappd adalah aplikasi mobile yang mengizinkan pengguna untuk berbagi sosial tentang apa saja yang pengguna lakukan. Aplikasi ini juga aplikasi jejaring sosial, pengguna dapat berbagi informasi mengenai apapun, seperti foto, video, lokasi pengguna, dll. Aplikasi mobile ini tersedia untuk platform iOS, Android, BlackberryOS, dan Windows Phone.


BBC Olympics



BBC Olympics adalah aplikasi mobile yang memberikan informasi – informasi seputar dunia Olimpiade olahraga. Aplikasi ini membuat pengguna tidak akan kehilangan momen –momen penting di dalam Olimpiade olahraga tersebut. Aplikasi mobile ini tersedia untuk platform iOS, Android, dan BlackberryOS.


Link Download Framework

Link download PhoneGap : 

https://phonegap.com/getstarted/ >> kemudian pilih versi dari PhoneGap





2. Xamarin


Tentang Xamarin 



Xamarin adalah perusahaan software yang terletak di San Francisco, California dan berdiri sejak Mei 2011. Engginer yang bergerak di perusahaan ini adalah yang membuat Mono, MonoTouch dan Mono for Android yang mana cross-platform dan dapat di implementasikan ke Common Language Infrastructure (CLI) dan Common Language Specifications (atau yang biasa disebut Microsoft .NET).

Dengan based nya adalah bahasa pemograman C# dan mengimplemetasikan metode shared codebase, developers bisa menggunakan Xamarin untuk menggembangkan aplikasi native iOS, Android, and Windows dengan native user interfaces dan share code across multiple platforms. 
Microsoft Menjadikan Xamarin Open Source dan Gratis untuk Semua Orang. 


Fitur-fitur Xamarin :

  • Cross-platform Development: Dengan mengandalkan bahasa pemograman C# anda sudah bisa membuat dan mengembangkan aplikasi di banyak platform seperti iOS, Android, Mac dan Windows. 
  • Visual Studio Integration: Xamarin sudah bisa terintegrasi dengan Visual Studio. Jadi dengan bermodalkan Visual Studio anda sudah bisa menanamkan Xamarin dan mulai membuat aplikasi-aplikasi Mobile yang anda inginkan. 
  • Native UI, Native Performance: Xamarin memberikan sebuah performa tinggi dalam mengcompile kode dan memberikan akses penuh ke semua Native API, jadi kita bisa membuat aplikasi native sesuai dengan perangkat yang spesifik. 
  • Reuse Existing Code: Anda bisa menggunakan .NET library dan juga dengan mudah menggunakan library-library atau framework lain dalam pembuatan atau membangun aplikasi anda di Xamarin. 
  • Fully Featured IDE: Jika anda tidak biasa menggunakan Visual Studio, Xamarin juga menyediakan full fitur IDE yang dikhususkan untuk membuat aplikasi Mobile. Didalam IDE ini sudah ada fitur seperti Code Completion, integrated designer, debugger dan lain-lain. Nama dari IDE ini adalah Xamarin Studio. 
  • Point and Click UI Design: Xamarin menyediakan Android UI Designer kelas dunia. Dan juga menggunakan Apple Xcode UI Designer untuk membuat interface dan storyboard yang secara otomatis tersinkron dengan Xamarin.iOS projek kita.


Keunggulan dari Xamarin:

  • Membuat aplikasi Native dengan hanya bahasa C#. semua yang bisa dilakukan dengan Java dan Objective C bisa dilakukan C# di Xamarin. 
  • Dengan Xamarin studio anda bisa dengan mudah dalam membangun aplikasi Mobile. 
  • Xamarin adalah satu-satunya platform yang bisa memperbolehkan kita membangun atau membuat aplikasi Native iOS dan Android dari Visual Studio. 
  • Xamarin selalu Update API-API terbaru dari Google (Android) dan Apple(iOS). 
  • Menyediakan banyak dokumentasi, tutorial, guide dan support yang membantu user dalam mengembangkan aplikasinya dengan Xamarin. 

Showcase (Aplikasi yang Dibuat Dengan Xamarin)

Berikut adalah aplikasi yang sudah dikembangkan atau dibuat dengan Xamarin :



iCircuit

iCircuit adalah aplikasi yang digunakan untuk merancang dan bereksperimen dengan Circuit. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi simulasi canggih yang dapat mensimulasi sirkuit analog ataupun digital. Dan dengan hasil analisis yang realtime membuat kita seolah-olah bekerja dengan sirkuit asli.



Pembuat aplikasi ini adalah Frank Krueger. Frank mengembangkan lagi aplikasi iCircuit  ini untuk dilingkungan Mac dan Android. Untuk Mac, Frank menggunakan MonoMac, sedangkan untuk Android dia menggunakan Mono Xamarin yang untuk Andoid dalam pembuatan aplikasinya.


Infinite Flight
Flying Development Studio LLC adalah perusahaan independen pengembang game yang berbasis di California, Amerika. Yang mana perusahaan ini focus dan mengkhususkan diri dalam produk-produk simulasi penerbangan berkualitas tinggi dan untuk platform Mobile.

Pada tahun 2011, perusahaan ini membangun aplikasi Infinite Flight untuk Windows phone yang hanya untuk keperluan pada komunitas pilot, personil militer dan penyuka aplikasi-aplikasi simulasi penerbangan pada perangkat desktop Windows.


Link Download Framework
Link download Xamarin :




3. Ionic Framework

Tentang Ionic



Ionic adalah sebuah framework yang dikhususkan untuk membangun aplikasi mobile hybrid dengan HTML5, CSS dan AngularJS. Ionik diciptakan oleh Drifty Co pada tahun 2013. Ionic menggunakan Node.js SASS, AngularJS sebagai engine-nya. Ionic dilengkapi dengan komponen-komponen CSS seperti button, list, card, form, grids, tabs, dan masih banyak lagi.
Jadi Ionic itu merupakan teknologi web yang bisa digunakan untuk membuat suatu aplikasi mobile. Karena hybrid maka aplikasi hanya dibuat 1 kali tetapi sudah bisa dirilis di lebih dari 1 platform alias cross-platform.
Ionic bersifat gratis dan bebas digunakan untuk kepentingan pribadi maupun komersil.


Fitur- fitur Ionic : 

  • Open-source dan gratis 
  • Mendukung Cordova , PhoneGap , atau Trigger.io 
  •  Mendukung iOS dan Android 
  • Lebih dari 500 font icon yang dirancang khusus yang berlisensi MIT


Kelebihan dan Kekurangan Ionic Framework 

Kelebihan :
  • Ionic framework dapat mempersingkat waktu dalam pengembangan karena bersifat hybrid. 
  • Menggunakan teknologi web terbaru : Ionic memanfaatkan AngularJS untuk implementasi logicnya. 
  • Ionic digunakan untuk pengembangan aplikasi hybrid (iOS, Android, Windows, Phone dan Firefox OS) 
  • Ionic bersifat gratis dan bebas digunakan untuk kepentingan pribadi maupun komersil

Kekurangan: 

  • Masih sebatas framework, jika untuk membungkusnya menjadi aplikasi Android, iOS atau windows phone tetap menggunakan Phonegap


Showcase (Aplikasi yang Dibuat Dengan Ionic)

Berikut beberapa aplikasi yang dibangun menggunakan Ionic, yaitu :



Meme Komik Indonesia 



Meme Komik Indonesia adalah aplikasi untuk mempermudah para pembaca untuk melihat gambar meme dan membaca ribuan cerita lucu dari berbagai sumber di satu tempat.
Meme Komik Indonesia dapat di download di Play Store.


Image Gallery



Gallery yang merupakan tempat tersimpannya berbagai macam jenis foto-foto sering kita gunakan apabila ingin menampilkan foto secara berurutan.
Gambar a merupakan tampilan aplikasi  setelah kita install apk-nya, sedangkan Gambar b merupakan tampilan disisi browser. Seperti yang kita ketahui, dengan menggunakan ionic framework, kita dapat melakukan hasil tampilan terlebih dahulu sebelum kita create apk-nya.


Link Download Framework
Link download Ionic : https://ionicframework.com/getting-started/


Referensi



 

1 komentar:

  1. Thanks for sharing this blog.
    Being a developer I vote for hybrid app development services because Hybrid apps are popular they allow developers to write code for a mobile app once and still accommodate multiple platforms.
    For app development query contact us.

    BalasHapus